Balkan , wilayah yang kaya akan sejarah, keindahan alam, dan keragaman budaya, menjadi destinasi menarik bagi para backpacker yang mencari petualangan di Eropa Timur. Dan eropa timur kota dengan keindahan yang cukup tua, siapa yang tidak mengenal keindahan-keindahan di kota kota tersebut, setiap sudut kota dan jalan menujukan betapa keindahan kuno dan modern yang berpadu menjadi sebuah tempat wisata yang menakjubkan.

Baca Juga : Wisata Danau Toba: Berenang, Memancing, dan Perahu Tradisional Seru Abis

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi rute backpacking yang mengagumkan di Balkan, membawa kita melalui kota-kota bersejarah, pegunungan yang menawan, dan pantai yang indah serta bangunan-banugnan yang bersejarah kuno tapi estetik.

 1. Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina Kota Eropa Timur Bersejarah

Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina Kota Eropa Timur Bersejarah

Sarajevo, ibukota Bosnia dan Herzegovina, adalah awal perjalanan backpacking di Balkan yang penuh warna. Dikenal sebagai “Kota Persatuan,” Sarajevo menyajikan campuran budaya Ottoman, Austro-Hungarian, dan Slavia. Backpacker dapat menjelajahi Bascarsija, kawasan kuno dengan pasar tradisional dan masjid yang indah. Jangan lewatkan juga mengunjungi Jembatan Latin, situs bersejarah di mana Perang Dunia Pertama dimulai.

 2. Dubrovnik, Kroasia: Kota Tua Di Eropa Timur yang Megah

Dubrovni Kroasia Kota Tua Di Eropa Timur yang Megah

Dubrovnik, yang sering disebut sebagai “Permata Adriatik,” adalah destinasi yang memikat para backpacker dengan Kota Tua yang megah. Dikelilingi oleh tembok kuno, backpacker dapat berjalan-jalan di atas batu-batu jalanan yang bersejarah, mengunjungi Benteng Lovrijenac, dan menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Dubrovnik juga menjadi lompatan awal menuju kepulauan indah di sekitarnya.

 3. Kotor, Montenegro: Keindahan Terselubung di Teluk Kotor

Kotor, Montenegro Keindahan Terselubung di Teluk Kotor

Kotor, terletak di Teluk Kotor yang spektakuler di Montenegro, adalah permata tersembunyi di Balkan. Kota ini memiliki arsitektur Mediterania yang cantik dan jalan-jalan berbatu yang menawan. Para backpacker dapat mendaki ke Benteng San Giovanni untuk pemandangan panoramik atau menjelajahi kota tua yang terkenal dengan keindahan arsitektur barok dan Venesia.

 4. Pristina, Kosovo Jejak Sejarah dan Kebudayaan

Pristina Kosovo Jejak Sejarah dan Kebudayaan

Pristina, ibukota Kosovo, adalah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan. Para backpacker dapat mengunjungi Menara Sahat, yang merupakan simbol kota, serta Monumen Jasad Terbakar dan Masjid Imperial, masing-masing menyimpan jejak sejarah kota ini. Jelajahi pasar-pasar tradisional dan nikmati masakan lokal di restoran-restoran kecil.

 5. Ohrid, Makedonia Utara Keindahan dan Keajaiban di Danau Ohrid

Ohrid, terletak di tepi Danau Ohrid yang indah, adalah kota tua yang kaya akan sejarah dan keindahan alam. Sisi timur kota ini dipenuhi dengan gereja-gereja tua dan kuburan-kuburan abad pertengahan, sementara sisi baratnya menawarkan pantai dan kehidupan malam yang ramai. Para backpacker dapat menjelajahi Situs Warisan Dunia UNESCO, menjelajahi kota tua, atau bersantai di tepi danau.

 6. Belgrade, Serbia Ibukota dengan Kehidupan Malam yang Penuh Warna

Belgrade, ibukota Serbia, adalah kota yang hidup dan penuh warna, terkenal dengan kehidupan malamnya yang sibuk. Backpacker dapat menjelajahi Kalemegdan, benteng tua di pusat kota, mengunjungi Gereja St. Sava yang megah, dan merasakan energi kreatif di distrik seni Savamala. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kafe lokal dan berbaur dengan penduduk setempat.

 7. Thessaloniki, Yunani: Keberagaman Budaya di Pesisir Laut Aegea

Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani, menggabungkan keberagaman budaya dengan keindahan pesisir Laut Aegea. Para backpacker dapat menjelajahi Ladadika, kawasan bersejarah dengan restoran dan kafe yang ramai, mengunjungi Rotunda, dan menikmati pemandangan kota dari Menara Putih. Thessaloniki juga dikenal dengan museum dan galerinya yang mengesankan.

 8. Sofia, Bulgaria Keindahan Arsitektur dan Taman Hijau

Sofia, ibukota Bulgaria, menawarkan kombinasi menarik antara keindahan arsitektur dan taman hijau yang menyegarkan. Backpacker dapat menjelajahi Katedral Aleksander Nevski, yang megah, berjalan-jalan di taman-taman kota seperti Borisova Gradina, dan merasakan kehidupan malam yang dinamis di Vitosha Street. Sofia juga memiliki berbagai museum dan galeri seni yang menarik.

 Tips Hemat untuk Backpacker di Balkan:

1. Transportasi Bus dan Kereta: Gunakan jaringan bus dan kereta yang luas untuk perjalanan antar kota di Balkan.

2. Akomodasi Lokal: Pilih hostel atau guesthouse lokal untuk penginapan yang bersahabat dengan anggaran.

3. Makan di Pasar dan Warung: Cicipi masakan lokal di pasar dan warung kecil untuk pengalaman kuliner yang autentik dan terjangkau.

4. Pemanfaatan Kartu Transportasi Umum: Beberapa kota memiliki kartu transportasi umum yang dapat memberikan diskon untuk perjalanan.

5. Explorasi Jalan Kaki: Banyak kota di Balkan dapat dijelajahi dengan jalan kaki, sehingga hemat biaya transportasi.

 Kesimpulan:

Backpacking di Balkan membawa para petualang melalui keindahan alam yang megah dan sejarah yang kaya. Dari kehidupan malam yang ramai di Belgrade hingga keindahan danau di Kotor, setiap kota dan negara di Balkan menyajikan pengalaman unik. Dengan persiapan yang baik dan semangat petualang, ransel Anda akan menjadi teman setia dalam menjelajahi destinasi terselubung di Eropa Timur ini. Rencanakan perjalanan backpacking Anda ke Balkan sekarang dan temukan pesona sejati destinasi ini.

Share.

Leave A Reply